Arang Batok Kelapa

SOLUSI ALOKASI ASET DIPERKAYUAN

Kamis, 06 September 2012

Harga anjlok bahan baku mulai sulit

Produk export saat ini harus berbahan jadi atau setengah jadi, kalau mengexport bahan baku saja atau bahan mentah maka biaya export akan menjadi sangat mahal, itulah yang aku dengar dari mulut ke mulut seputar export.
Pada komoditi arang batok kelapa ternyata terkena dampak kebijakan tersebut, termasuk usaha yang aku jalanin ini. Harga Arang Batok Kelapa bulan September ini tertinggi mencapai Rp.3300/kg. Namun barangku beberapa hari yang lalu hanya menembus harga Rp.3200/kg karena quantity barangku yang hanya 5ton. saat ini arang di daerahku semakin sulit dikarenakan bahan baku yang susah, langganan pengrajin kopra di daerah aku sudah banyak yang berhenti bekerja kopra, karena harganya yang semakin merosot di harga beli 4000/kg di tingkat pengepul, hari ini harga pabrik di surabaya untuk kopra asalan hanya 5000/kg.
Semakin sulitlah aku mendapatkan bahan baku, sekarang aku mencari relasi di luar daerah untuk membantu memenuhi quantity pengirimanku ke pabrik/ exportir. Mudah2an dalam waktu dekat ada deal kerjasama dari Sumbawa, Kalimantan, Sumatera. Ammiiiinnn Allahumma Amin.