Arang Batok Kelapa

SOLUSI ALOKASI ASET DIPERKAYUAN

Kamis, 26 Desember 2013

Harga arang batok kelapa berada dipuncaknya

Harga arang batok kelapa sudah pada puncaknya di saat ini, akhir tahun yang indah. Harga beli pabrik dikisaran 3400-3600. Namun harga rata-rata berada di harga 3500/kg.
Asalkan arangnya kondisi baik, bersih udah di ayak, matang, tidak siram air, kering 5-10%. Kebutuhan arang batok kelapa meningkat dan bersamaan dengan melambatnya produksi dikarenakan masih dalam musim penghujan.
Suplai arang batok kelapa untuk indonesia timur,seperti sulawesi rata-rata masuk ke pabrik-pabrik yang berada di jawa timur, suplai dari kalimantan biasanya masuk ke jawa tengah, sedangkan dari wilayah sumatera masuk ke pabrik-pabrik di Jabodetabek.
Demikian informasi dari saya.
Selamat berbisnis arang batok kelapa berroowww. hehehe.

(Mohon do'anya, saya mau produksi kembali arang batok kelapa, semoga lancar) :)

Transaksi arang batok kelapa gagal, barang tidak cocok

Saya minggu lalu menjadi mediator arang batok kelapa, buyer dan seller saya hubungkan. gambar dan kondisi arangnya sudah saya sampaikan kepada buyer. dari gambar sih cocok, namun setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang untuk sampai ke gudan seller/penjual arang batok kelapa,ternyata barang tidak sesuai dengan yang di foto. buyer kurang terbuka dengan kondisi barangnya. ternyata arang batok kelapanya belum di ayak dan masih basah. ampuuunnn deehhh.
Kasihan buyer/pembelinya jauh-jauh dia datang, perjalanan 1 malam, kayaknya buyernya kecewa berat sama saya, saya jadi merasa bersalah. ini suatu pelajaran buat saya.
Semoga ada hikmah dalam kegagalan ini. Tetap semangat.

Jumat, 20 Desember 2013

Menjadi mediator di bisnis arang batok kelapa

Hallooo teman-teman.
Banyak teman-teman yang baru kenal bertanya tentang produksi saya saat ini. Saya jelaskan disini, untuk sementara saya off produksi arang batok kelapa. bahan baku batok kelapa ditempat saya agak susah. Jadi sekarang saya lebih banyak menjadi mediator bisnis arang batok kelapa. hehehe.
Banyak buyer-seller yang menghubungi saya, bahkan hampir tiap hari saya menerima penawaran-penawaran. Saya catat aja nomer telpon mereka, saat ada yang membutuhkan tinggal saya sounding kepada yang bersangkutan.

Gudang Seller Arang Batok Kelapa 2000 ton/bulan, yang minat PM.
apa tidak ya saya gak tau, cuma saya berpesan " kalau goal jangan lupakan saya" hehehe. jadi saya open harga apa adanya. Belum rejeki mgkn. (*Curhaattt niyeeee).
Pernah ada buyer cari barang, saya gak punya barang tapi mitra saya yang punya. Saya tes tuh buyer, "Kalo goal saya bisa minta komisi Rp.50/kg " (*polos bangeett ngomongku).... eehhh dia malah tertawa dan gak bales lagi. berarti dia gak mau berbagi rejeki dengan saya, yaaahh namanya juga usaha masbroooo. hehehe.
Ternyata jadi mediator susah juga, hahahaha. yang penting HALAL.
Bagi teman-teman yang butuh barang untuk wilayah Jakarta, Jatim....insyaallah saya bisa hubungkan dengan sellernya. Cocok barang angkut aja broooo.

Begitu sebaliknya bagi pengusaha arang yang mau jual, bisa share dengan saya. khususnya jatim, insyaallah berkah. hehehe.

Sabtu, 09 November 2013

Daftar Harga Asap Cair / Liquid Smoke


Siang semuanya, aku jualan asap cair berikut daftar harganya :

HARGA ECERAN :
  • Grade 1 Rp. 45.000/ liter
  • Grade 2 Rp. 35.000/ liter
  • Grade 3 Rp. 25.000/ liter
Eceran minimal 5 liter. karena jerigennya kemasan 5liter.

Kalau untuk harga grosir, ada harga khusus dengan minimal order 1000 liter.

Aku juga melayani kontrak order, minimal order 15000 liter/ bln. ada fee khusus bagi yang dapat memberikan jalan/ perantara/ broker/ makelar. hehehe.

Jumat, 25 Oktober 2013

Asap batok kelapa punya nilai ekonomis

Hallooo teman-teman, lama nih saya tidak update blog. maklumlah lagi sibuk kesana kemari. hampir tiap hari saya dapat telpon dari peminat bisnis arang batok kelapa. lama-lama saya bisa jadi pembicara nasional nih, hahahaha. soale yang telpon saya berasal dari berbagai daerah di indonesia, jawa, sumatera, kalimantan, sulawesi, NTT, NTB. kayak orang penting aja saya nih.

Kali ini saya akan membahas tentang peluang bisnis lainnya yaitu, ASAP CAIR / LIQUID SMOKE.
apa itu asap cair ? dari namanya saja Asap yang cair, atau asap yang di cairkan. jadi pembakaran batok kelapa pada pembuatan arang batok kelapa akan mengeluarkan asap yang banyak sekali dan kadang sangat mengganggu, asap itulah yang akan menjadi asap cair nantinya, namun ada beberapa proses yang harus dilewati. asap tersebut di alirkan ke pipa-pipa untuk didinginkan, dari perubahan suhu asap yang panas menjadi dingin dan asap tersebut akan menjadi cairan, yang kita sebut sebagai asap cair. jadi pada dasarnya asap cair di lewatkan kondensor/pendingin agar menjadi cair. alat penampung asap tersebut dinamakan Pirolisis Asap Cair. banyak yang jual alat itu di internet. Asap cair itu ada tingkatan gradenya, di mulai grade terendah yaitu Grade 3, Grade 2, Grade 1.
Grade 3 dihasilkan dari tetesan pertama, jadi biasanya warna cairannya pekat coklat kehitaman dan masih banyak TERnya berwarna hitam.
Grade 2 dihasilkan dari hasil destilasi ulang grade 3, warnanya kuning bening, kyk bensin.jd istilahnya di filter dengan proses destilasi. (cari di google tentang destilasi )
Grade 3 dihasilkan dari hasil destilasi grade 2, warna cairannya mendekati bening. tidak berbau asap lagi.

ini contoh gambar alatnya, saya ambil di Indonetwork.co.id

Trus, berapa harga per liternya ?
Grade 1 30000-45000/liter
Grade 2 20000-35000/liter
Grade 3 10000-15000/liter.

Butuh berapa batok untuk jadi asap cair ?
100kg batok menghasilkan 25% Arang, 35-45% Asap Cair. asal di proses dengan alat yang benar.

Bagi yang butuh asap cair atau butuh marketnya bisa hubungi saya.(jangan lupa saya di kasi fee yaaa, wkwkwkwk).

Itung aja sendiri keuntungannya, fantastis bukan ?! hehehhehe

Semoga menginspirasi teman-teman semua. Doakan saya sukses yaaa....Amiiinnn.

Minggu, 11 Agustus 2013

Selamat Idul Fitri 1434 Hijriyah

Hallooww teman-teman seperjuangan apa kabarnya niihh, hehehe. aku mo ngucapin Selamat idul Fitri 1434 Hijriyah, Minal aidzin wal faidzin...mohon maaf lahir dan bathin.
Maafin aku kalau disetiap tulisanku ada yang salah. Semoga tulisan-tulisanku selalu memberikan manfaat bagi kalian semua, begitupun aku Semoga rejekiku barokah semakin melimpah dan berlipat-lipat ganda serta sehat selalu..........aaammiinnnn. (doakan aku yaaa).

Semoga yang merasakan manfaatnya dari tulisan saya ini (tentang arang batok kelapa), akan semakin sukses dan selalu diberi keberkahan. ammiinnn.

Jumat, 29 Maret 2013

Koreksi harga arang batok kelapa diantara para pembeli

Hallllluuuuuu semuanya, hehehe.
Beberapa bulan ini saya baru sempat posting nih. Saya mo posting masalah harga karena topiknya selalu dinanti. hihihihi
Kemarin saya bbm-an ama temen exportir dari surabaya, trus hari ini saya ngobrol asik di telpon dengan pengepul arang batok kelapa dari lampung. Perbedaan harga exportir dan pengrajin arang sangat signifikan. Kalo di exportir terima harga hanya 2700-3000/kg ( khususnya wilayah Jatim ) ampuunnn deehhh. untuk jatim banyak bergantung pada para buyer untuk tujuan exportir. sedangkan Jateng ( khususnya jogja ) buyernya banyak dari pengusaha Briket dan harganya sungguh sexy (hehehe)....3300-3500/kg. Selanjutnya untuk daerah indonesia bagian barat buyer dengan harga bagus ada di daerah CIKAMPEK, sering banget temen-temen online saya menyebut nama daerah itu. Temen saya dari lampung itu kirimnya ke Cikampek juga, dapat harga 3500/kg. Namun itu masih bisa lebih baik lagi hingga 3800-4000/kg apabila kualitasnya sangat bagus (katanya sih begitu). tentunya untuk dapat harga itu biasanya hanya orang-orang tertentu saja.

Nasib oh nasib bagi pengrajin arang yang berada di jatim, seperti saya hahahahahaha. dapat harga cuma segitu. Mo kirim ke jateng ato cikampek gak tau medan, takuuuuuutttt, takut nyasar hilang di telan bumi......xixixixixi.

Demikian saja posting kali ini, klo mo ngobrol monggo telpon ato bbm saya aja. jangan SMS, soale SMS saya gak gratis. hahahahaha. ( sehari yang SMS 1-5 org pd tny2 arang, tekkoooorrrr juga aq ).wkwkwkwkwk.

Jumat, 08 Februari 2013

Cara Membuat Arang Batok / Tempurung Kelapa

Haiii semua,
Kali saya mau memberi tutorial cara membuat arang batok kelapa, dikarenakan banyaknya rekan-rekan yang ingin berbisnis ini, sampe capek di telpon sambil SMS/BBMan memandu langkah-langkahnya. Disini saya hanya berbagi.
Yuuukkk Cekiddooott :
 


  1. Siapkan Drum bekas oli,usahakan yang dari pertamina dikarenakan lebih tebal dan awet dari yang lain, pake tungku juga boleh. kalo pake drum bisa di pindah-pindah, mobile gitu loohh. lalu buka/ bredel tutup atasnya. agar mudah memasukkan bahan bakunya.
  2. Drumnya dapat di lubangi sisi-sisinya diameter 5cm. tapi siapin juga penutup lubang angin tersebut. tidak dikasi lubang pun tidak ada masalah. saya memilih tidak di lubangi, karena berdasarkan pengalaman sedikit boros bahan baku, terlalu banyak oksigen di dalam drum menyebabkan batok kelapa cepat terbakar menjadi abu.
  3. Setelah tempat pembakaran di siapkan, buatlah STARTER untuk membakar batok, caranya masukkan sampah ato plastik pada dasar drum, lalu bakar sampai api membesar lalu masukkan setengah karung batok kelapa secara merata, lakukan penambahan batok kelapa secara bertahap, skitar 30-1jam sekali. jangan sampai mengeluarkan API, yang keluar hanya asap tebal. drum sambil di goyang....( orgnya jg ikut goyang gpp...hahaha ), agar merata pembakarannya.
  4. setelah sampai penuh pada sore hari, siapkan karung goni basah, plat peunutup drum,tali pengikat terbuat dari ban dalam bekas,tutuplah semua sisi secara benar-benar rapat. jangan sampai ada sedikitpun celah udara walaupun sebesar batang rokok. pada tahap inilah yang di namakan MATI HAMPA. jd arang batok kelapa tidak disiram air.
  5. Bukalah drum pada esok harinya, siapkan alas dari seng untuk mengangin-anginkan arang yang sudah matang, sortir arang yang matang, pisahkan dengan yang belum matang.pastikan arang tidak ada yang panas/ mengeluarkan asap, pastikan tidak ada bara yang menyala. lalu di ayak pake kawat jaring-jaring ( yang biasa di pake oleh pekerja penyaring kerikil), ayakan ini untuk memisahkan dari sampah dan debu sabut kelapa. sehingga menghasilkan kualitas arang yang bagus.
  6. Packing arang yang udah di ayak, pastikan kembali tidak ada arang yang membara. setelah di masukkan dalam karung cek kembali dengan meraba sisi-sisi karung apabila menemukan karung yang hangat, segera pisahkan dan bongkar karung tersebut. di pastikan di dalam karung yang hangat itu ada arang yang membara. so ber hati-hatilah. 
  7. Yang terakhir siapkan alat pemadam kebakaran dan telpon petugas Damkar, hahahaha. 
Semua teknik harus di coba, segala permasalahan di lapangan pasti dapat di pecahkan. Perbandingan yang normal dan standart adalah 100kg Batok kelapa menghasilkan 25kg arang batok. Apabila rekan-rekan menghasilkan arang di bawah 25kg...evaluasilah mulaidari bahan baku yang kurang kering atau cara pembakaramn yang kurang bagus. Pengarangan yang sempurna bisa mendapatkan arang 40kg/ 100kg batok kelapa.
Selamat mencoba yach, semoga tulisan ini dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi rekan-rekan semua.
Saya gak minta apa-apa, cukup mendoakan saya agar saya SUKSES LUAR BIASA. amiinnn. :)

SUKSES SELALU !!!