Arang Batok Kelapa

SOLUSI ALOKASI ASET DIPERKAYUAN

Jumat, 08 Februari 2013

Cara Membuat Arang Batok / Tempurung Kelapa

Haiii semua,
Kali saya mau memberi tutorial cara membuat arang batok kelapa, dikarenakan banyaknya rekan-rekan yang ingin berbisnis ini, sampe capek di telpon sambil SMS/BBMan memandu langkah-langkahnya. Disini saya hanya berbagi.
Yuuukkk Cekiddooott :
 


  1. Siapkan Drum bekas oli,usahakan yang dari pertamina dikarenakan lebih tebal dan awet dari yang lain, pake tungku juga boleh. kalo pake drum bisa di pindah-pindah, mobile gitu loohh. lalu buka/ bredel tutup atasnya. agar mudah memasukkan bahan bakunya.
  2. Drumnya dapat di lubangi sisi-sisinya diameter 5cm. tapi siapin juga penutup lubang angin tersebut. tidak dikasi lubang pun tidak ada masalah. saya memilih tidak di lubangi, karena berdasarkan pengalaman sedikit boros bahan baku, terlalu banyak oksigen di dalam drum menyebabkan batok kelapa cepat terbakar menjadi abu.
  3. Setelah tempat pembakaran di siapkan, buatlah STARTER untuk membakar batok, caranya masukkan sampah ato plastik pada dasar drum, lalu bakar sampai api membesar lalu masukkan setengah karung batok kelapa secara merata, lakukan penambahan batok kelapa secara bertahap, skitar 30-1jam sekali. jangan sampai mengeluarkan API, yang keluar hanya asap tebal. drum sambil di goyang....( orgnya jg ikut goyang gpp...hahaha ), agar merata pembakarannya.
  4. setelah sampai penuh pada sore hari, siapkan karung goni basah, plat peunutup drum,tali pengikat terbuat dari ban dalam bekas,tutuplah semua sisi secara benar-benar rapat. jangan sampai ada sedikitpun celah udara walaupun sebesar batang rokok. pada tahap inilah yang di namakan MATI HAMPA. jd arang batok kelapa tidak disiram air.
  5. Bukalah drum pada esok harinya, siapkan alas dari seng untuk mengangin-anginkan arang yang sudah matang, sortir arang yang matang, pisahkan dengan yang belum matang.pastikan arang tidak ada yang panas/ mengeluarkan asap, pastikan tidak ada bara yang menyala. lalu di ayak pake kawat jaring-jaring ( yang biasa di pake oleh pekerja penyaring kerikil), ayakan ini untuk memisahkan dari sampah dan debu sabut kelapa. sehingga menghasilkan kualitas arang yang bagus.
  6. Packing arang yang udah di ayak, pastikan kembali tidak ada arang yang membara. setelah di masukkan dalam karung cek kembali dengan meraba sisi-sisi karung apabila menemukan karung yang hangat, segera pisahkan dan bongkar karung tersebut. di pastikan di dalam karung yang hangat itu ada arang yang membara. so ber hati-hatilah. 
  7. Yang terakhir siapkan alat pemadam kebakaran dan telpon petugas Damkar, hahahaha. 
Semua teknik harus di coba, segala permasalahan di lapangan pasti dapat di pecahkan. Perbandingan yang normal dan standart adalah 100kg Batok kelapa menghasilkan 25kg arang batok. Apabila rekan-rekan menghasilkan arang di bawah 25kg...evaluasilah mulaidari bahan baku yang kurang kering atau cara pembakaramn yang kurang bagus. Pengarangan yang sempurna bisa mendapatkan arang 40kg/ 100kg batok kelapa.
Selamat mencoba yach, semoga tulisan ini dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi rekan-rekan semua.
Saya gak minta apa-apa, cukup mendoakan saya agar saya SUKSES LUAR BIASA. amiinnn. :)

SUKSES SELALU !!!