Arang Batok Kelapa

SOLUSI ALOKASI ASET DIPERKAYUAN

Senin, 14 September 2015

Memulai usaha kopra putih

Kopra putih mempunyai nilai ekonomis cukup bagus. Namun tidak banyak yang memproduksinya. Kenapa hal ini terjadi ?
Dari berbagai sumber yang sempat sharing dengan saya, ada yang bilang karena ribet, perawatannya buang-buang waktu.
Coba deh, segala hal yang sulit karena belum mencoba sendiri dan belum terbiasa. Perlakuannya ya jelas berbeda dengan kopra hitam. Tapi kopra hitam harganya beda dong. Semua ada konsekuensinya.
Sebenarnya mudah sekali produksi kopra putih bagi masyarakat kecil,tidak membutuhkan biaya pembuatan oven dalam musim kemarau ini. Cukup di jemur matahari selama 4 hari, karena suhunya mencapai 45-50 derajat celsius. Selama kelapanya tua betul, dan kekeringannya sudah 5%, sebenarnya jamur pun gak bakal tumbuh. Tahan kok sampe 1 bulanan. Apalagi disulfur,tambah awet. Kenapa disulfur,agar exportir lebih aman saat kirimnya ke luar negeri.karena memakan waktu saat pengiriman. Perawatan yang dimaksud adalah saat panen lalu di simpan, maka disarankan simpan di tempat yang tidak lembab.
Mudah bukan, gak ribet karena belum terbiasa saja.
Akhirnya kerja cerdas terbayar dengan keuntungan yang luar biasa, dengan kopra hitam per kilonya bisa selisih 2000an lhooo. Hehehe dahsyat bukan.
Salam sukses.